TENTANG TOKO NODI



Hello...dear all customers...

Perkenalkan kami dari Toko Nodi..
Kami cuma ingin bercerita sedikit tentang usaha kami. Barangkali dari teman2 ada kisah yang saling menguntungkan,bolehlah kita share bareng2.




Cerita dimulai dari awal mula dibukanya Toko Nodi. Toko Nodi mulai dibentuk awal tahun 2011 oleh seorang mahasiswi kos-kosan di Jogja. Saat itu ia tengah berada di masa-masa semester akhir dan sedang mengerjakan skripsi. Bisa dikatakan memang ia sedang tidak terlalu sibuk dengan perkuliahannya,namun itu bukan alasan utama. Yang paling mendasari mengapa sampai terbentuk Toko Nodi adalah karena ia sedang memutar otak tentang bagaimana caranya mendapat tambahan pemasukan untuk dapat meneruskan hidup dan skripsinya jalan terus. Sempat ia mencoba untuk mengajar privat namun karena terkendala transportasi akhirnya ia tidak meneruskan. Dan setelah mendapat pencerahan dari sana sini (googling-red), akhirnya ia menemukan cara untuk mendapat uang melalui internet. Ya, berhubung saat itu kos-kosan yang ia tempati tepat berada di bawah warung internet, maka ia pikir ini adalah cara yang pas untuknya yang pada dasarnya memang suka berselancar di dunia maya..

Lalu mulailah ia browsing mengenai jual beli secara online. Sempat ia ragu karena ingin berbisnis tapi nggak punya modal. Tapi setelah membaca-baca mengenai jual beli online dengan sistem dropshipping, maka ia mulai yakin bahwa cara ini oke juga. Cuma modal internet dan rekening sudah bisa jualan,kan cocok banget untuk mahasiswa. Akhirnya ia pun membuat akun facebook baru dan dinamainya Nodi, yakni berasal dari namanya dan adiknya yang digabung menjadi satu.

Kembali ke Toko Nodi, di awalbukanya, Toko Nodi menjual baju-baju couple. Kaos couple, jaket couple, kaos keluargakami jual secara online via facebook dan juga di kaskus. Tentu saja pembelinya belum banyak. Karena di awal-awal pasti kami masih butuh follower yang bakal jadi pelanggan kami. Tapi kami tetap optimis dan tetap belajar bagaimana menjual online yang baik dan benar. Kami juga sempat membeli grosir juga sebanyak beberapa pcs menggunakan uang yang kebetulan didapat dari hadiah PKM mahasiswa. Baju-baju yang ready tersebut kami buat brosurnya dan kami sebar di warnet dan kos-kosan.

Merasa ingin merambah jenis produk lain, kami mulai mencoba untuk menjual barang-barang unik seperti lampu hias, kulkas mini usb, kipas portabel, dan lainnya. Namun kami tidak lama menjualnya karena kami merasa tidak punya pengetahuan tentang produknya sehingga daripada mengecewakan lebih baik kami mundur.

Setelah sang owner lulus kuliah dan pulang ke kampung halaman, ia masih tetap meneruskan Toko Nodi walau tidak bisa dengan fokus penuh. Dan Toko Nodi sempat vakum selama beberapa bulan dikarenakan owner sibuk dengan sidang dan wisuda,serta pekerjaan pertamanya sebagai guru part time.

Setelah vakum beberapa saat,setelah owner resign dari pekerjaannya dan kembali ke rumah, kami mulai menggeliat lagi pada pertengahan tahun 2012. Namun kali ini kami ingin mendapatkan suasana yang lebih baru. Oleh karena itu akhirnya kami putuskan untuk berganti nama menjadi Humayra Muslim Collection. Dari namanya sudah kelihatan bahwa kami banyak fokus menjual baju dan aksesori untuk muslim muslimah. Yah,kami ingin hal yang baru. Kami membuka kembali akun facebook kami, membuat page khusus online store, membuat web blog, dan membuat akun twitter. Bahkan logo baru juga dibuat sendiri dengan tangan. Akun rekening bank Mandiri yang sudah tidak terpakai (karena dulu yg dipakai adalah untuk mahasiswa) kami buat lagi,tapi beralih ke bank muamalat. Dari situ kami mulai lagi menjalankan usaha dropshipping baju muslim. Untuk meningkatkan traffic bahkan kami setiap hari membuat target dan perencanaan. Sehingga bisa dibilang kami kali ini mulai serius untuk berbisnis.

Yang namanya jalan hidup memang siapa yang tahu. Termasuk kehidupan owner dan usaha Humayra Muslim Collection. Pada akhir tahun 2012 owner diterima kerja di sebuah perusahaan air mineral swasta,dan lambat laun karena kesibukannya akhirnya Humayra Muslim Collection terpaksa vakum lagi. Kadang-kadang kami masih menyempatkan diri untuk terus update produk terbaru dan menawarkannya pada sesama karyawan. Namun dengan kesibukan yang makin tinggi, mau tidak mau kami harus mengakui bahwa Humayra Muslim Collecfion memang harus diistirahatkan dulu..

Pada akhir tahun 2013 sang owner memiliki hajatan sekali seumur hidupnya. Ya,ia melangsungkan pernikahan dengan pemuda yang telah dekat dengannya selama 4tahun. Dan ini adalah titik balik dari dibukanya kembali Toko Nodi. Tidak menunggu waktu lama,owner pun mengandung anak pertamanya. Seiring berjalannya waktu,owner yang masih berstatus karyawan di perusahaan,merasa bahwa pekerjaannya terlalu berat untuk dijalankan dengan keadaan hamil. Ia pun mempertimbangkan kepengurusan anaknya kelak setelah lahir. Oleh karena itu,pada pertengahan 2014 akhirnya owner memutuskan untuk resign.

Sebelum melayangkan surat resign, owner berpikir bagaimana agar selama ia tidak bekerja di luar kelak ia tetap memiliki kegiatan ekonomi serta mendapat tambahan pemasukan. Dan ia pun teringat pada Humayra Muslim Collection. Ia pun mulai menghidupkan kembali online shop yang sudah cukup lama ia tinggalkan. Dan inilah kami,Toko Nodi was reborn!!

Pertimbangan mengembalikan nama online shop dari Humayra Muslim Collection menjadi Toko Nodi adalah karena kami berpikir bahwa untuk ke depannya kami berencana tidak hanya menjual perlengkapan khusus muslim muslimah,namun juga ditargetkan untuk publik secara global dengan produk yang bervariasi. Kami pun membuat bussiness plan. Untuk saat ini dikarenakan owner masih stay di perusahaan sementara,maka rencana-rencana bisnis yang telah dibuat belum bisa terlaksana. Namun kami akan tetap berjuang.


Begitulah sekilas "sejarah"dibukanya Toko Nodi. Kami tentu saja masih sangat hijau dalam jual beli online,apalagi bisa dibilang kami baru buka beberapa bulan lalu. Tentu masih banyak kekurangan sana sini. Namun yang pasti kami akan menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kepercayaan dari konsumen. Sebisa mungkin kami akan membantu dan tidak akan mau merugikan konsumen. Untuk itu kritik dan saran publik akan selalu kami dengar dan mudah mudahan dengan itu Toko Nodi bisa lebih berkembang dan lebih baik. Tapi testimonial yang baik tentu akan kami terima ♡♡.



#tokonodi

www.facebook.com/toko.nodi


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...