MACAM-MACAM GENDONGAN BAYI

MACAM-MACAM GENDONGAN BAYI



Kebutuhan utama bayi adalah dilindungi dan dicintai sepenuhnya, salah satu cara agar bayi mampu merasakan kasih sayang dan perlindungan yang berasal dari orang dewasa di sekitarnya adalah dengan cara menggendongnya.

Bila digendong bayi akan merasa aman dan dicintai sehingga tentunya ia juga akan merasa lebih bahagia.
Selain dapat membuat bayi lebih bahagia dan nyaman, menggendong juga dapat mendekatkan orang dewasa, khususnya orang tua si bayi dengan bayi tersebut, sebab dekapan yang dirasakan bayi saat digendong hampir sama hangatnya ketika ia masih berada di rahim ibunya.
Sayangnya, menggendong bayi dapat berdampak pada aktivitas sang ibu yang seakan-akan menjadi lebih terbatas, sebab saat menggendong, tentunya ia tak bisa leluasa untuk melakukan aktivitas yang lainnya. Bukan hanya membatasi gerakan sang ibu, menggendong bayi juga dapat membuat tangan menjadi pegal-pegal apalagi menggendongnya dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, agar anda dan juga bayi anda tetap nyaman, maka sebaiknya anda memilih gendongan bayi yang tepat.

Semua tipe gendongan yang ada di tulisan ini dapat digunakan untuk menggendong bayi dan
balita dengan posisi baik di pinggul maupun di punggung.

Umumnya produsen gendongan bayi memberikan batasan bobot maksimal; namun seringkali ada perbedaan yang cukup signifikan antara batasan bobot maksimal tersebut dengan kenyataan pada prakteknya. 
Selama pengguna gendongan merasa nyaman, gendongan tersebut tetap bisa digunakan walaupun berat badan anaknya sudah melampaui bobot maksimal yang dianjurkan.

Selain itu, perbedaan teknik menggendong juga bisa memberikan kenyamanan yang berbeda. Memasang sabuk pengikat di pinggul akan terasa berbeda bila dibandingkan dengan memasangnya di pinggang. Dengan belajar teknik menggendong yang tepat dari babywearer yang sudah lebih berpengalaman, seperti misalnya trainer relawan dari Babywearing International, akan sangat membantu menghemat waktu dan biaya untuk menentukan pilihan gendongan yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi Gendongan bayi yang dapat anda coba:

KAIN JARIK
Gendongan yang berasal dari kain jarik memang harganya tak terlalu mahal, namun bila dipakai terlalu lama malah akan membuat anda semakin pegal saat menggendong bayi. Selain itu, cara pakainya pun tergolong kurang praktis dan agak ribet karena harus digulung sedemikian rupa terlebih dahulu, dan karena kainnya yang tergolong agak keras, kain jarik juga dapat membekas di badan bayi.

WRAPAROUND SLING (BABY WRAP)


Sesuai namanya, bila menggunakan gendongan ini maka bayi seakan-akan memang “dibungkus” namun gendongan ini akan membuat bayi lebih nyaman sebab akan merasa lebih hangat dan lebih terasa didekap dengan lebih erat mengikuti bentuk tubuh bayi.
Selain bayi terasa lebih nyaman karena merasa didekap lebih erat, ketika menggendong dengan menggunakan baby wrap ini sang ibu pun akan lebih leluasa untuk melakukan aktivitas lainnya dan membuat ibu yang menggendongnya pun
menjadi tak terlalu pegal. Hanya saja, meskipun dapat dikreasikan dalam berbagai model, namun karena ukuran kainnya yang terlalu panjang hingga mencapai 5 m maka cara pakainya pun agak ribet.
Selembar kain panjang sederhana ternyata bisa
bisa menjadi sebuah gendongan bayi yang elegan dan nyaman. Anda perlu sedikit belajar untuk bisa memahami teknik mengikat kain dan memasukkan bayi ke dalam gendongan ini, namun teknik dasarnya bisa Anda kuasai dalam
waktu beberapa menit saja. 
Kain untuk Wraparound Sling ini bisa berukuran
pendek untuk menggendong dengan menggunakan 1 bahu (seperti kain jarik di Indonesia, red.); atau bisa berukuran panjang untuk menggendong dengan menggunakan 2 bahu, sehingga bobot bayi terbagi merata di kedua bahu, badan, dan pinggul si penggendongnya.
Gendongan model Wraparound Slings ini bisa dibuat dari bermacam-macam jenis kain, namun bahan natural seperti katun, linen, hemp, wol, dan sutera lebih terasa ‘dingin’ dan bertekstur lebih sesuai bila dibandingkan dengan bahan sintetis. 
Beberapa merek Wraparound Slings terbuat dari bahan yang ditenun secara khusus untuk mendapatkan bahan yang kuat, ‘dingin’, memiliki kelenturan, dan tekstur yang sesuai untuk bisa menggendong bayi dengan aman dan nyaman; bahan yang harganya relatif mahal ini dikenal juga dengan istilah kain tenun Jerman (German-Style Woven) sesuai negara asalnya.

RINGSLING


Ring Sling merupakan kain selendang ( shawl ) dengan 2 buah lingkaran (ring) dari bahan plastik atau besi yang menempel di salah satu ujungnya. 
Kedua lingkaran itu menggantikan fungsi simpul untuk mengikat gendongan seperti yang biasa digunakan pada gendongan kain tradisional misalnya kain Rebozo di Meksiko atau selendang jarik di Indonesia. Ada Ring Sling yang memiliki bantalan padding di posisi bahu atau di sepanjang gendongan . Ada juga tipe yang agak berbeda dengan tipe tradisional, di mana ujung kainnya dilipat dan dijahit sedemikian rupa sehingga membentuk tali.

MEITAI


Gendongan tipe ini merupakan versi modern dari gendongan tradisional Cina bernama Mei Tai yang ditambahkan panel badan, tali sabuk di bahu dan pinggang. Versi modern dari Mei Tai ini biasanya memiliki tali sabuk bahu yang lebar dengan bantalan (padding); atau tali sabuk yang ekstra lebar, tanpa bantalan , yang menyerupai baby wrap untuk memberikan kenyamanan bagi pemakainya. Gendongan Mei Tai juga menawarkan berbagai fitur seperti headrest (tempat sandaran kepala bayi) atau sleeping hood (tudung untuk menutup kepala bayi ketika tidur), kantong untuk menyimpan popok atau keperluan lainnya, dan berbagai pilihan bahan dari mulai yang sederhana sampai yang mewah.

Baby carrier


Harga gendongan jenis ini memang lebih mahal dibanding gendongan lainnya, namun kenyamanan yang ditawarkannya juga tak main-main. Meskipun harganya mencapai jutaan Rupiah, namun jenis gendongan ini akan membuat bayi dan ibu yang menggendongnya sama-sama merasa lebih nyaman. Gendongan ini juga memiliki panel badan dan sabuk bahu dan pinggang, di mana fungsi simpul ikatan digantikan oleh sabuk serta adanya penambahan bantalan tebal pada bahu dan pinggang. Secara penampilan, gendongan tipe ini jauh berbeda dari Mei Tai. Gendongan Soft Structured Carrier ini menawarkan kenyamanan sabuk pengikat seperti tas ransel namun dibuat sedemikian rupa sehingga bisa menggendong bayi dengan aman. Gendongan ini bisa digunakan untuk menggendong bayi baru lahir sampai usia balita – tergantung merknya.

So, mau pilih gendongan yang seperti apa untuk membawa buah hati? Yuk pilih saja di Tokonodi. Macam gendongannya banyak ada yg ready dan bisa pre order bila motif yang dicari tidak ada.

Info katalog lengkap di Instagram : http://www.instagram.com/tokonodi/

Info pemesanan dan tanya fast respon di
WA/sms/line : 085729221231


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...